Cara Bermain Ular Ularan Yang Baik Dan Benar

2 Nov

Cara Bermain Ular Ularan Yang Baik Dan Benar

Sobat interqq.com dan dewapoker, pastinya generasi “Kids Jaman Now” sudah tidak mengenal apa itu permainan Ular Ularan dan bagaimana Cara Bermain Ular Ularan yang benar.  Generasi kids jaman now justru lebih menyukai Smartphone, game MOBA, youtube, dan lain sebagainya. Tentunya sangat miris jika dibandingkan dengan generasi saya jaman dulu.

Dahulu ada sebuah permainan yang dimainkan hampir setiap hari yang dinamakan Ular Ularan, atau Ular Naga. Seumuran saya pas TK dan SD masih memainkan permainan ini di luar rumah pada waktu sore, bahkan malam hari pada saat bulan purnama. Permainan ini biasanya di mainkan anak-anak di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Untuk pemilihan tempat bermain ditempatkan di tanah lapang, misalnya halaman rumah yang luas, ataupun lapangan. Permainan ini paling terasa asik jika dimainkan pada saat bulan purnama. Ular Ularan bisa dimainkan sekitar 5 orang atau lebih secara bersamaan, dan dulunya didominasi oleh anak-anak TK – SD.

Cara Bermain

Cara bermain permainan ini pun sangat mudah dan simpel, anak-anak harus bergandeng pegang buntut. Artinya, anak yang berada di belakang harus memegang ujung baju ataupun pinggang dari anak yang ada di depapannya. Kemudian, anak yang paling bongsor akan berperan sebagai induk, yang akan menjaga anak-anaknya. Lalu, anak yang besar lagi bertindak sebagai gerbang, dimana gerbang akan ditempatkan berhadapan dan saling bergandengan tangan diatas kepala masing-masing.

Biasanya, yang berperan sebagai gerbang dan induk adalah seseorang yang banyak bicara, karena salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki permainan ini adalah dari dialog yang terjadi antara gerbang dan induk.

Setelah gerbang terbuka, sang induk beserta anak-anaknya kemudian berjalan mengitari gerbang sambil menyanyikan lagu, sembari kadang masuk ke gerbang tersebut. nah, pada saat sang ular masuk pada gerbang, ketika lagu habis, maka gerbang akan menangkap salah seorang anak.

Dari sinilah dialog yang mengasyikkan terjadi antara gerbang dan induk. Kemudian anak yang tertangkap akan diberi 2 pilihan, yaitu menggantikan peran gerbang, atau ditaruh di paling belakang.